Resep Kulit Mulus ala Aktris Korea: TONER

Assalamu'alaikum, selamat malam semua.
Sesuai isi post saya sebelum ini, sekarang saya akan membahas secara mendalam tentang...

T O N E R 💌

Sebenarnya toner itu apa, sih? Emang penting? Kalau nggak pakai toner, emang dampaknya apa? Apa skincare nggak lengkap kalau nggak pakai toner?

Kita akan bahas semua jawaban ini setelah saya bahas singkat apa manfaat toner, ya!

Menurut Dr. Hadley King, dermatologis asal New York, kalian semua kudu wajib masukkin toner ke dalam skin care routine kalian. Wah, kenapa yak??
Jadi sebenarnya, toner itu sangat baik untuk kulit wajah yang berminyak dan mudah berjerawat.

Contoh 2 toner favorit saya yang sedang saya pakai bergantian tergantung mood:


Kiehl's Ultra Facial Oil-Free Toner
The Body Shop Tea Tree Toner

Sebenarnya apa sih fungsi utama dari toner itu?

Fungsi utama toner itu untuk deep cleansing/pembersihan secara menyeluruh dan mendalam. Banyak partikel kecil atau debu yang tanpa kita sadari nutup pori-pori wajah. Debu itu terus menumpuk dan menumpuk dan akhirnya nutup pori-pori. Nahhh, yang masuk ke pori-pori itu nggak semua bisa hilang karena facial wash+milk cleanser aja. Toner ini tujuannya buat bersihin kulit setelah semua upaya dilakukan (ciye...)

Selain itu, toner juga berfungsi untuk mengecilkan pori-pori, lo! Kok bisa ya? Toner mengandung acid yang berfungsi untuk mengeluarkan sebum dan benda-benda lainnya yang seharusnya nggak ada di pori-pori. Saat semua benda pengganggu itu hilang, kulit akan bisa mengaktifkan salah satu sifatnya berupa "elastisitas". Kulit yang tidak terhalang atau tersumbat akan elastis dengan sendirinya. Makanya, toner bisa untuk mengecilkan pori-pori, lho!

Gengs, kalian tau kan kalau kulit juga punya sistem pH sendiri? Nah.. normalnya, kulit wajah kita itu memang pH asam dengan kisaran nilai pH 5-6 (skala pH 0-14 ya..) Saat kita bersihin wajah, secara tidak langsung kita membuat pH kulit wajah menjadi tidak pada nilai aslinya. Kok bisa? Iya.. karena pada umumnya facial wash mengandung alkaline dimana sifat alkaline adalah basa. Saat kulit wajah ketemu basa, kulit wajah harus kerja extra untuk mengembalikannya ke nilai semula yaitu asam. Nah... kalau tidak dibantu, kulit akan menghasilkan oil berlebih karena minyak bersifat asam. Tapi, jika kalian pakai toner, keseimbangan pH di kulit wajahpun lebih cepat kembali seperti semula.

Sebenarnya masih ada beberapa fungsi lain seperti melembabkan kulit, membuat kulit wajah lebih segar.. Tapi poin utama toner sendiri yaitu membersihkan kulit secara mendalam dan mengecilkan pori-pori. Inilah mengapa, jangan lewatkan toner sebagai rutinitas kalian setiap hari ya..

Kalau ada pertanyaan, komen aja gengs.. Selanjutnya saya akan review eyeshadow murah meriah dari...

Main tebak-tebakan, yuk!





Comments