REVIEW PRODUK THE BODY SHOP FAVORITE: HIMALAYAN CHARCOAL PURIFYING GLOW MASK

Assalamu'alaikum. Halo semua..
Kali ini saya akan review tentang masker favorit saya sepanjang masa:
"Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask" dari The Body Shop.

(Sumber: https://www.thebodyshop.com/en-gb/face/face-masks/himalayan-charcoal-purifying-glow-mask/p/p002002)



Saya menggunakan TBS - Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask


Jadi sebenarnya review ini sudah menjadi draft lama sekali, tapi akhirnya sempat di UP :)
Langsung lanjut aja baca ya, guys..

Dimulai dari ingredients, ya. Saya salin sesuai dengan apa yang tertulis di situs resmi TBS :)
"Aqua/Water/Eau, Kaolin, Moroccan Lava Clay, Magnesium Aluminum Silicate, Alcohol Denat., Camellia Sinensis Leaf, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Pumice, Argania Spinosa Shell Powder, Phenoxyethanol, Xanthan Gum, Parfum/Fragrance, Charcoal Powder, Ethylhexylglycerin, Caprylhydroxamic Acid, Argania Spinosa Kernel Oil, Butyrospermum Parkii Butter/Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Limonene, Linalool, Methylpropanediol, Aloe Barbadensis Leaf Juice Powder, Menthol, Disodium EDTA, Tetrasodium Pyrophosphate, Melaleuca Alternifolia Leaf Oil/Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Eucalyptus Globulus Leaf Oil, Citric Acid, Menthoxypropanediol, Citral, Geraniol, Coumarin, Caramel" (Sumber: https://www.thebodyshop.com/en-gb/face/face-masks/himalayan-charcoal-purifying-glow-mask/p/p002002)
Percaya nggak percaya, saya search satu-satu kandungan di atas itu apa. Dan, 100% vegan ! Saya emang kadang nggak ada kerjaan sendiri, jadi sering baca kandungan pada kosmetik maupun skincare. Karena pemakaian jangka panjang, jadi harus ekstra hati-hati. Karena zat berbahaya nggak langsung muncul saat itu juga, tapi di tahun tahun selanjutnya. Makanya, kita harus memilih juga ya, gengs, bahan yang kita gunakan di kulit :)

Dannnnn, dari bahan-bahan, sudah dipastikan A M A N ~

Kemudian menurut claim dari website resmi The Body Shop Indonesia, produk ini memiliki manfaat:
Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask diperkaya dengan bamboo charcoal. Memiliki tekstur yang unik karena kandungan green tea leaves dan Community Trade tea tree oil. Masker ini membantu mengeksfoliasi dan membersihkan kulit secara menyeluruh, membantu mengangkat kotoran dan minyak berlebih dari wajah sehingga wajah tampak sehat dan merona. (Sumber: https://www.thebodyshop.co.id/himalayan-charcoal-mask)
Jadi ini saya bisa setujuuu dengan claim pertamaaaa! Karena tekstur dari masker ini sendiri mirip sama lumpur (if you know what i am saying???) Jadi teksturnya itu kayak becek ada air dikit? Haha. Dia juga ada daun teh yang masih besar bisa dirasain gitu. Bukan diblender atau hancurin sampe nggak ada bentuk. Kemudian dia juga ada bulir-bulir kecil yang agak kasar sebagai scrub yang tugasnya membantu eksfoliasi kulit. Jadi masker ini nggak boleh sering-sering ya, teman-teman. Karena exfoliating nggak boleh terlalu sering.

Kemudian menurut saya juga karena ada bulir-bulir kasar kecil ini, untuk kulit berjerawat yang sedang inflamasi atau meradang sebaiknya hindari masker ini. Walaupun masker ini baguuusss banget buat kulit oily, tapi jika masih atau lagi jerawatan, hindari dulu ya, guys. Kenapa? Karena eksfoliasi membuat micro particle tear atau luka keciiilll sebesar mikro di  kulit yang sebenarnya berfungsi untuk membersihkan kulit lebih dalam, tapi kalau ada jerawat malah melukai area yang lagi radang itu. Jadi makin bengkak deh :(

Jadi kalau berjerawat pakai ini ya silahkan, tapi jangan di scrub hihi. Biarin aja bahan-bahan nyerap ke kulit (soalnya masker ini punya kandungan tea tree oil yang salah satu fungsinya adalah mengobati jerawatt), selama bagian jerawat tidak terkena gesekan, saya rasa aman-aman saja. Tapi saya orang yang ceroboh, jadi kalau lagi jerawat, saya nggak pakai masker ini di area jerawat :)

Selain itu, TBS juga claim kalau bahan yang digunakan adalah charcoal yang memiliki fungsi:
Charcoal telah digunakan sebagai bahan pemurni selama berabad-abad. Bahan yang memiliki pori-pori mikro yang dapat mengeliminasi kotoran. Charcoal yang kami gunakan berasal dari bamboo plants yang diproses di dalam oven dengan suhu lebih dari 1.000°C. (Sumber: https://www.thebodyshop.co.id/himalayan-charcoal-mask)
Sebelum saya setuju dengan pernyataan diatas, sebenarnya charcoal itu apa, sih?
Jadi charcoal itu bahasa keren dari "arang". Yap! Arang yang biasanya buat sate itu termasuk charcoal. Arang bisa terbentuk karena proses pemusnahan partikel volatil pada suatu benda seperti menghilangkan kadar airnya dari hewan maupun tumbuhan. Caranya bisa dengan proses memanaskan pada suhu tertentu sehingga air hewan dan tumbuhan yang berada pada "suatu" benda bisa lepas atau musnah. Tapi arang juga ada tingkatan ya, gengs! Nggak lucu dong kalau kalian maskeran pake arang sate hihi XD

Apa arang dari bambu memiliki manfaat lebih baik dari yang lain? Kenapa TBS memilih arang bambu sebagai bahan baku utama?

Dari yang saya baca, sebenarnya "mungkin" tumbuhan lain sama-sama baik, tapi bambu adalah salah satu tanaman kayu yang berkembang dengan cepat sehingga kalau dipanen sering juga tidak menganggu ekosistem lain sehingga lebih ramah lingkungan. Jadi kita bisa cantik tapi tidak merusak lingkungan. Saluuuttt sama TBS :) #SAVEYOUREARTH

Tampak depan TBS - Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask 


Arang memiliki sifat menarik "impurities" keluar. Artinya, detoksifikasi kulit. Dan lagi, hal ini nggak boleh terlalu sering ya. Karena ntar mengganggu sifat kulit yang emang ada dari sononya (ini kalau dijelasin panjang lagi haha. Nanti saya buat 1 post khusus tentang kulit hihi) Arang juga sangat bagus untuk menyeimbangkan pH jika digunakan pada dosis yang direkomendasikan (yang berlebihan selalu tidak baik teehee~).

Dan yang terakhir, masker ini juga mengandung "tea tree oil" yang bagus untuk keadaan kulit jerawat karena memiliki zat antibakterial dan antiinflamasi. Saat ada jerawat, dipastikan pasti ada bakteri disana menutup pori-pori sehingga tubuh mulai bereaksi dengan timbul radang. Tea tree oil dapat meredakan inflamasi yang lagi happening serta membunuh kuman dan bakteri sehingga jerawat cepat cao dari wajah xixixi. (Ingat aja ya pesen saya, jangan discrub. Hehehehe)

Tampak belakang TBS - Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask

Setelah saya "bahas" sedikit, saya langsung aja lanjut ke pro dan kontra produk ini ๐Ÿ‘€
--
❤ PRO ❤
1. It does what it says. Mengontrol minyak di kulit, membuat pori-pori lebih "bearable"
2. WANGINYA ENAK. eh saya suka banget herbal-herbal rempah haha, ini enak banget. Nagih ๐Ÿ˜€
3. Tempatnya besar, jadi isinya besar. Wadah dari kaca tebal jadi sangat "indah" dipajang di vanity desk yaaa ๐Ÿ˜‡

❤KONTRA❤
1. Tergantung keperluan masing-masing juga. Mungkin ada yang menganggap terlalu mahal untuk sebuah masker, karena produk ini berharha Rp349.000,- (tapi awet sampai 6-7 bulan jadi menurut saya WORTH IT)
2. Saya merasa walaupun mengandung tea tree oil yang baik untuk kondisi jerawat, scrub kecil yang ada di masker buat bingung. Karena jerawat itu lawannya scrub. Anti banget. Nggak boleh. Jadi saya masih bingung gimana cara menggunakan di kondisi kulit jerawat.
3. Tidak cocok untuk kulit kering cyinnn ✋

OVERALL:
SAYA SIH YES.


ps. semua tergantung individu ya. kecocokan saja. sama kayak jodoh, kosmetik juga. saya cocok, nggak berarti kalian semua dengan kondisi oily dan acne prone skin cocok. semoga membantu yaaa ๐Ÿ˜˜


Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Racuuun banget beb masker yang ini keknya sebagus itu tapi harganya mehong huhu aku gakuat๐Ÿ˜ญ

    ReplyDelete
  3. Kemarin sempat mau coba ini, tapi msh ragu. Pas baca ini jd pengen punya hehe

    ReplyDelete
  4. TBS udah lama banget masuk wishlist yang maskernya. apalagi udah banyak varian. Tapi aku penasaran karena cocok buat oily skin

    ReplyDelete
  5. Aduh beb, baca reviewmu jadi kepengen kan aku.. Racun yg HQQ!

    ReplyDelete
  6. Wah racun banget beb ini, jdi penasaran deh pgn coba

    ReplyDelete
  7. Udah lama pengen nyobain ini deh..

    ReplyDelete
  8. Ini juga masker favorite aku sekarang uda tinggal dikit banget isinya mau repurchase deh.

    ReplyDelete
  9. Masker yang Kusuka tapi mahal. Pening akutuh ๐Ÿ˜…

    ReplyDelete
  10. Ada kaolinnya makanya bisa mengusir minyak :-D
    Aku setuju sih, kalo lagi berjerawat sebaiknya menghindari masker yang punya partikel begini. Kalo kesenggol jerawatnya bisa makin merah haha ��

    ReplyDelete
  11. Harga emnng menentukan kualitas yaa kk..๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  12. Biar harganya sedikit nguras kantong gitu,tapi ini rekomended banget❤️

    ReplyDelete
  13. Baru ingat nih aku punya sample nya wkwk ntar cobain ah

    ReplyDelete
  14. Aku demen banget sama masker yang ada carhcoal nya hemm fix racun bgt ya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts