HONEST REVIEW SKINCARE LOKAL | OZORA TREATMENT ESSENCE DAN VITAMIN C SERUM


Halo, Assalamu’alaikum..
Selamat malam semua. Sudah lama sekali saya tidak me-review suatu produk, dan hari ini saya mau review produk dari brand lokal yang akhir-akhir ini sering berseliweran di sosial media.

Ozora Skin Care
(Kanan: Ozora Treatment Essence; Kiri: Ozora Vitamin C Serum)


(Keterangan di box)
Jadi, buat kalian yang belum pernah dengar brand Ozora saya jelasin singkat asal muasalnya ya. Hihi
Ozora merupakan brand yang dibuat oleh CV. Nosin Indonesia (Sleman, Yogyakarta) yang kemudian didistribusikan oleh CV. Naturel Care Global. Yang belum tau, CV. Nosin Indonesia merupakan salah satu pabrik kimia di Indonesia yang sudah menghasilkan berbagai macam produk dan sudah mengantongi nomor POM.

Pada kesempatan kali ini saya akan review 2 produk dari Ozora; yaitu Brightening Treatment Essence dan Vitamin C Serum. Kita akan bahas tentang packaging, ingredient, claim produk, cara pakai, honest review, dan saya akan kasi rating di setiap produk.

Sebelum mulai perlu saya ingatkan, tiap kulit manusia beda-beda dan apa yang cocok di kulit saya belum tentu cocok di kulit kalian; dan sebaliknya yang tidak cocok di kulit saya belum tentu tidak cocok di kulit saya.
Langsung saja ya...

Brightening Treatment Essence
(Ozora Treatment Essence)
(Botol berupa pump)

PACKAGING:
Seperti yang kalian lihat di foto, essence dari Ozora datang dengan box simple berwarna putih dan aksen hijau. Di kotak sudah tertulis lengkap tentang informasi produk dan expired date nya. Sementara essence Ozora sendiri memiliki tempat kaca tembus pandang dengan kemasan pump dan tutup bening. Di botol kemasan terdapat sticker ozora yang berwarna tembus pandang dengan tulisan yang ukurannya lumayan kecil sehingga sejujurnya informasi ‘agak’ sulit dibaca mengingat mata saya rabun.

Di kemasan terdapat tulisan brand secara simple, jenis produk, manfaat, cara pakai, penggunaan dan info pabrik yang memproduksi. Menurut saya sudah lumayan lengkap kalau sewaktu-waktu teman-teman semua kehilangan kotak nya dan butuh informasi mengenai produk.

INGREDIENT:
Ingredient yang tertulis di box: “Aqua, Sodium Pca, Metyhlsilanol Ascorbate, Butylene Glycol, Propylene Glycol, Citric Acid, Tetrasodium Edta, Diazolidinyl Urea, Dmdm Hydantoin”

Dan mari kita breakdown satu persatu fungsi ingredient:

Aqua: Air
 Sodium salt of pyroglutamic acid (PCA): mengikat kelembaban di kulit (mosturizer)
Metyhlsilanol Ascorbate: hasil sulingan dari Vitamin C
Butylene Glycol: meningkatkan kekuatan pentreasi suatu produk ke kulit, meningkatkan konsistensi suatu produk (kekentalan), mengunci kelembaban kulit
Propylene Glycol: membantu produk agar tetap pada teksturnya (tidak beku dan tidak mencair pada kondisi temperatur ekstrim)
 Citric Acid: natural eksfoliator untuk melawan jerawat ringan, pori-pori tertutup, keriput dan sunspot dari matahari
 Tetrasodium Edta: mencegah timbulnya mikroba pada suatu produk (higienitas)
 Diazolidinyl Urea: mencegah timbulnya mikroba pada suatu produk (higienitas)
 Dmdm Hydantoin: zat anti mikorbakterial, zat preservatif

CLAIM PRODUK:
Memberi tambahan nutrisi pada kulit dan membuat kulit tampak lebih cerah. (Sumber: box produk)

CARA PAKAI:
Aplikasikan pada wajah dan leher yang telah dibersihkan. Gunakan setiap hari pagi dan malam. (Sumber: box produk)

OZORA VITAMIN C  SERUM
(Ozora Vitamin C Serum dengan botol pipet)

PACKAGING:
Seperti yang kalian lihat di foto, serum dari Ozora datang dengan box simple berwarna putih dan aksen hijau. Di kotak sudah tertulis lengkap tentang informasi produk dan expired date nya. 

Sementara serum Ozora sendiri memiliki tempat kaca hijau semi tembus pandang dengan tutup pipet sehingga memudahkan kita mengambil produk dari botolnya. Tidak ada tulisan ingredient yang lengkap, hanya jenis produk, nomor POM, non-alcohol dan net isi produk (20ml)

Tutup produk sangat enak dibuka, produk mudah diambil dan saya rasa untuk masalah packaging serum sudah oke.

INGREDIENT:
Ingredient yang tertulis di box: “Aqua, Metyhlsilanol Ascorbate, Butylene Glycol, Cyclopentasiloxane, Propylene Glycol, Citric Acid, Diazolidinyl Urea, Xantham Gum, Dmdm Hydantoin, Tetrasodium Edta, Sodium Hyaluronate”

Dan mari kita breakdown satu persatu fungsi ingredient:
(Ingredient yang saya tebalkan berarti sama dengan essence sehingga tidak saya breakdown lagi).

Cyclopentasiloxane: beraksi sebagai pelindung kulit, kulit terasa lebih halus dan licin
Xantham Gum: produk pengental, pengikat
Sodium Hyaluronate: bertindak sebagai mosturizer

CLAIM PRODUK:
Ozora Vitamin C Serum dengan kandungan Vitamin C murni yang bermanfaat menstimulasi kolagen sekaligus antioksidan yang mampu mengurangi kerutan dan membuat wajah lebih cerah. (Sumber: box produk)

CARA PAKAI:
Usapkan pada kulit yang telah dibersihkan pada pagi dan malam hari. (Sumber: box produk).
----------------------------------------
HONEST REVIEW:
Jadi saya dapat produk ini tanggal 11 Februari 2018 dan malamnya saya gunakan. Urutan skincare saya: first cleanser, second cleanser, hydrating toner, Ozora essence, Ozora Vitamin C Serum, night cream.

Untuk minggu pertama saya menggunakan produk tidak ada masalah. Bangun pagi wajah tidak berminyak, tidak dehidrasi kulit sepanjang malam (kamar saya menggunakan AC jadi sering dehidrasi kulit). Saya gunakan juga pagi hari dengan urutan yang sama (+sunscreen di akhir tahapan).

TAPI, di minggu kedua saya merasa kulit saya tidak ‘licin’. Gimana ya, secara tidak kasat mata tidak terlihat ada yang aneh, tapi saat diraba itu ada kayak tekstur yang tidak rata gitu lohhh. Kayak bruntusan tapi bukan bruntusan. Dan kalian tau sendiri kulit saya sangat tidak mudah jerawat, bruntusan, dll. Akhirnya saya baca ingredient di produk. Dan ada satu ingredient yang sama dengan ingredient lain yang saya tidak cocok. 

SODIUM PCA. Sodium PCA ini juga ingredient di salah satu toner dari brand Kiehl’s dan saya tidak cocok pakai toner itu (dengan hasil yang sama, wajah jadi bertekstur). Karena sodium PCA ini jarang ditemukan, awalnya saya tidak curiga. Tapi setelah pakai seminggu saya baru sadar... saya tidak cocok dengan Sodium PCA ini (ini murni kesalahan saya ya, guys. Bukan kesalahan produk karena tiap orang pasti ada yang cocok ada yang tidak).

Akhirnya saya memutuskan untuk stop essence nya dan tetap lanjut Ozora Vitamin C Serum. Dan alhamdulillah baru 2 hari lepas, wajah saya sudah berangsur normal (berarti memang saya tidak cocok dengan Sodium PCA). Sodium PCA sendiri berfungsi sebagai pelembab di kulit, sudah aman sekali dari FDA dengan dosis tertentu sehingga seharusnya aman saja. Hanya kebetulan saya saja yang tidak cocok dan alhamdulillah sadar sehingga tidak sempat breakout di wajah.

Akhirnya saya kasi essence ke mama saya dan beliau sangat cocok pakainya karena wajah beliau cenderung kering (kayaknya bakalan di repurchase saat nanti habis xixixi).

Dua malam terakhir saya coba pakai serumnya saja tanpa essence dan wajah saya oke-oke saja. Tekstur yang saya rasakan tidak bertambah parah, wajah tidak minyakan sehingga saya simpulkan serum vitamin C nya sangat oke dan cocok di wajah saya. Untuk masalah ‘bekas’ jerawat apakah sudah hilang, saya masih belum lihat adanya perubahan karena regenerasi kulit itu 28 hari (normalnya) sehingga masih butuh 2 minggu lagi buat lihat efeknya (dan ini normal ya guys. Produk kecantikan yang claim bisa mencerahkan dalam beberapa hari saja sudah pasti harus diwaspadai dan ditanya keamanannya, karena secara fisiologis kulit hampir mustahil).

Overall, saya kurang cocok di essence nya, tapi cocok sekali di serum vitamin C dari Ozora dan berharap semoga 2 minggu lagi sudah ada perubahan di bekas jerawat saya di pipi.

Rating:
Ozora Treatment Essence: 7/10
Ozora Vitamin C Serum: 8.9/10

Buat kalian yang penasaran dengan produk Ozora bisa langsung mengunjungi website nya di www.ozoraskincare.com

Terima kasih sekali buat kesempatan yang diberikan oleh Instagram HBBV x Instagram Ozora Skin Care. Dan seribu terima kasih buat Ozora Skincare yang sudah memberikan kesempatan buat “honest review” karena menurut saya tidak ada skincare yang sempurna karena setiap orang memiliki jenis kulit dan lingkungan tempat tinggal yang berbeda.

 Buat temen-temen yang kepo bisa langsung klik di Instagramnya, karena sudah saya direct link kesana. Sampai jumpa di review selanjutnya, muah!

Xoxo, Laras

Comments

Popular Posts